Sosialisasi Pengembangan Tata Guna Air (PTGA) Tahun Anggaran 2018

Jambi, 24 September 2018 Sehubungan dengan adanya Program Pengembangan Tata Guna Air (PTGA), maka dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi Pengembangan Tata Guna Air (PTGA) dan Pengenalan serta Pembentukan Komisi Irigasi di Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan Pada 24 September 2018 di Jambi, dihadiri oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI; Direktur BPSDA, Ditjen SDA Kementerian PUPR; Kasubdit OP Irigasi dan Rawa, Ditjen Bina OP Kementerian PUPR; Kepala Seksi O&P SDA, BWS Sumatera VI; dan PPK OP 1, BWS Sumatera VI. Dalam kegiatan tersebut terdapat serangkaian penjelasan, diskusi, dan tanya jawab berkaitan dengan kebijakan dan petunjuk teknis PTGA, lingkup dan materi PTGA, pengenalan dan pembentukan komisi irigasi, kebijakan single management (satu kesatuan) dalam pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi, kebijakan 1 (satu) peta sawah beririgasi, road map (peta jalan) PTGA.

Sambutan Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI

Acara dibuka sambutan dari Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI, dalam sambutannya Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI, Nurfajri, ST, Sp.1, “SOSIALISASI PENGEMBANGAN TATA GUNA AIR (PTGA) DAN PENGENALAN SERTA PEMBENTUKAN KOMISI IRIGASI DI PROVINSI JAMBI TAHUN ANGGARAN 2018 ini merupakan kesempatan yang baik dalam upaya menyelesaikan permasalahan, isu-isu strategis mengenai pengelolaan irigasi serta meningkatkan pemahaman mengenai pengembangan tata guna air.”

Pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi bertujuan untuk mewujudkan kemanfaatan air dalam bidang pertanian, yang diselenggarakan secara partisipatif, terpadu, dan berwawasan lingkungan, transparan, akuntabel, dan berkeadilan dengan mengutamakan peran masyarakat maupun perkumpulan petani pemakai air.

Kegiatan PTGA

Sejalan dengan keinginan tersebut Kementerian PUPR melalui Program Pengembangan Tata Guna Air atau disingkat dengan PTGA memiliki tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan tata kelola air di jaringan irigasi dalam satu kesatuan sistem dan jaringan utama sampai jaringan tersier secara nasional.

“Saya menyambut baik pelaksanaan Kegiatan SOSIALISASI PENGEMBANGAN TATA GUNA AIR (PTGA) DAN PENGENALAN SERTA PEMBENTUKAN KOMISI IRIGASI DI PROVINSI JAMBI TAHUN ANGGARAN 2018 yang diselenggarakan oleh Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan SDA Sumatera VI selaku yang memfasilitasi terlaksananya kegiatan ini.” Tutup Nurfajri, ST. Sp.1

Dokumentasi