Puncak Hari Air Dunia 2018, Danau Rawa Pening, Kabupaten Semarang

Puncak peringatan Hari Air Dunia (HAD) tahun 2018 di Bukit Cinta, Danau Rawa Pening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (7/4/2018), meneguhkan kembali pentingnya kolaborasi seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga kelestarian alam untuk air. Menteri Basuki Hadimuljono juga mengatakan peringatan HAD tidak hanya seremoni semata. Namun, berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat dilakukan di seluruh Indonesia. HAD tahun 2018 mengusung tema “Nature for Water” yang kemudian diadaptasi menjadi “Lestarikan Alam untuk Air” untuk Indonesia.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI bapak Nurfajri ST, Sp.1 beserta rombongan ikut serta memeriahkan perayaan puncak Hari Air Dunia 2018 di Rawa Pening serta menghadiri Focus Group Discussion Pembinaan Kemitraan (Pemerintah, Komunitas Peduli Sungai, Komunitas Sanimas, Komunitas 3R dan Duta Sanitasi) yang dilaksanakan di Universitas Diponerogo, Jumat (6/4/2018).

Focus Group Discussion Pembinaan Kemitraan

Direktur Jenderal SDA, Imam Santoso berharap agar aksi nyata yang sudah kita lakukan untuk penyelamatan sumber -sumber air dapat menumbuhkan pemahaman dan kesadaran dari masyarakat bahwa mereka tidak hanya memiliki hak sebagai pengguna air tapi juga memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk berkontribusi dalam memelihara alam dan lingkungan sehingga permasalahan menyangkut air dapat dipecahkan bersama melalui solusi yang efektif dan tepat sasaran.

Kementerian PUPR melalui balai besar dan balai wilayah sungai di berbagai daerah menyelenggarakan kampanye peduli air melalui kegiatan bersih sungai bersama komunitas, tanam pohon di bantaran SDEW, seminar, sosialisasi panen air hujan, pembuatan lubang biopori, lomba daur ulang sampah, lomba karya ilmiah, dan lomba menggambar bertemakan HAD.

Deklarasi Rawa Pening

Acara tersebut juga diisi oleh pembacaan Deklarasi Rawa Pening yang berisi ajakan memperkuat kerja sama dan melibatkan masyarakat dalam kelestarian SDEW. Selain itu juga dilakukan kegiatan tabur sebanyak 26 ribu benih ikan.

Turut hadir dalam acara tersebut Anggota Komisi V DPR RI Sudjadi, Bupati Semarang Mundjirin, Budayawan Slamet Rahardjo, Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo, Dirjen Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto, Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga, Staf Ahli Menteri PUPR Adang Saf Ahmad, para pegawai Kementerian PUPR, perwakilan komunitas peduli sungai dari seluruh Indonesia, para pelajar, dan masyarakat.

Dokumentasi Kegiatan :