Peningkatan Kemampuan dan Kapasitas Petugas Pos Hidrologi Balai Wilayah Sungai Sumatera VI

Jambi, 27 April 2018 – Sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 20/PRT/M/2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, salah satu tugas pokok Balai Wilayah Sungai adalah mengelola hidrologi dan kualitas air. Data Hidrologi dan Kualitas air adalah data yang menjadi dasar dari perencanaan kegiatan pengelolaan SDA di wilayah sungai. Data hidrologi perlu dikelola dalam suatu sistem hidrologi agar tersedia informasi sumber daya air yang akurat, benar, dan tepat waktu bagi semua pihak yang berkepentingan. Oleh karena itu, perlu didukung SDM yang mempunyai pengetahuan dan kemampuan mengoperasikan tentang pos hidrologi dan peralatannya.

Dalam rangka menjamin kebenaran dan keakuratan pencatatan data dilapangan, BWS Sumatera VI melalui Satuan Kerja O&P SDA Sumatera VI mengadakan acara “Peningkatan Kemampuan dan Kapasitas Petugas Pos Hidrologi”. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tanggal 24 – 26 April 2018 di Hotel Luminor Jambi yang menghadirkan narasumber dari Ditjen SDA, Kementerian PUPR, Ibu Dasniari Pohan, MT selaku Kasubdit Hidrologi,  Dit Bina Penatagunaan Sumber Daya Air dan Narasumber dari Balai Hidrologi dan Tata Air, Balitbang Kementerian PUPR.

Peningkatan Kemampuan dan Kapasitas Petugas Pos Hidrologi

Acara dibuka oleh Kepala BWS Sumatera VI bapak Nurfajri, ST, Sp.1, dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan  kemampuan kepada seluruh petugas penjaga pos hidrologi dalam mengoperasikan alat-alat hidrologi sebagai dasar untuk mendapatkan data serta informasi yang akurat dan benar.

Diharapkan setelah kegiatan ini,  dapat meningkatkan kemampuan petugas penjaga pos hidrologi dalam pencatatan curah hujan, tinggi muka air dan klimatologi secara manual, serta pemeliharaan alat dan pos.