Penanganan Sampah dan Penghijauan di Danau Sipin Buluran Provinsi Jambi

Jambi, 28 November 2017 – Dalam Rangka Hari Bakti PU Ke-72 Tahun 2017, DWP Kementerian PUPR bersama Tim GN-KPA menggelar rangkaian acara bertajuk  Penanganan Sampah dan Penghijauan di Danau Sipin Buluran Kota Jambi Provinsi Jambi, di mana dalam kegiatan tersebut panitia telah mempersiapkan serangkaian acara salah satunya adalah penanaman bibit pohon sebanyak 2.265 batang pohon yang terdiri dari berbagai macam jenis tanaman buah-buahan seperti: Durian, Sirsak, Mangga, Rambutan, Jambu Mente dan lain-lain, dan juga ditanami tanaman keras seperti: Mahoni, Angsana, Trembesi, dan lain-lain.

Kegiatan yang bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan siklus hidrologi pada Situ, Danau, Embung, Waduk (SDEW) dan Sumber air permukaan lainnya ini dihadiri oleh sejumlah pihak, antara lain Bapak Gubernur Jambi, Sekda Jambi, Para Pejabat Kementerian PUPR, Panitia pelaksana, dan undangan dari daerah antara lain stakeholders terkait dan unsur Muspida, Mahasiswa dari Perguruan Tinggi, Siswa SMA, SMP, SD, Tokoh adat, Komunitas Peduli Sungai, Lingkungan dan masyarakat.

Bapak Gubernur Jambi, Zumi Zola dalam sambutannya menyampaikan bahwa pohon berperan penting dalam kehidupan dan menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Manfaat terbesar dari pohon adalah menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup. Penanaman pohon juga berfungsi dalam mencegah banjir dan longsor saat musim hujan dan mencegah kebakaran dan kekeringan saat musim kemarau.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Gubernur juga secara resmi membuka acara Penanganan Sampah dan Penghijauan di Danau Sipin Buluran Kota Jambi Provinsi Jambi.

Seiya dengan Bapak Gubernur, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Provinsi Jambi yang baru, Nurfajri juga menekankan pentingnya profesionalisme dan dedikasi yang tinggi pada jajarannya untuk menjalankan amanat bangsa ini dengan sebaik mungkin.

Dokumentasi Kegiatan :