Pembinaan Tenaga O & P Irigasi Permukaan untuk Menciptakan Sumber Daya Manusia yang Handal

Muaro Bungo, 10 Mei 2018 –  Dalam rangka upaya menjaga dan mengamankan jaringan irigasi Permukaan agar selalu berfungsi dengan baik guna memperlancar pelaksanaan operasi dan pemeliharaan, perlu didukung dengan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai petugas dan pengelola irigasi permukaan. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan petugas dan pengelola irigasi permukaan,  Balai Wilayah Sungai Sumatera VI melalui Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Sumatera VI mengadakan Pembinaan Tenaga Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Permukaan dengan tema “Sumber Daya Manusia yang Handal Menghasilkan Layanan Kinerja Irigasi Permukaan yang Optimal” pada tanggal , 07 s/d 09 Mei 2018 bertempat di Melati BallRoom Hotel Bungo Plaza Kab. Bungo Provinsi Jambi.

Acara Pembinaan ini berjumlah 50 peserta yang terdiri dari 11 Pengelola Irigasi, 4 Pengamat, 10 Juru, 22 Penjaga Pintu Air, 5 Petugas Operasi Bendung dengan Narasumber dari Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan. Turut hadir dalam acara ini Bapak Kasubdit O&P Irigasi dan Rawa, Direktorat O&P, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR. Dalam arahannya, beliau menyampaikan bahwa Kegiatan O&P yang merupakan kegiatan rutin dan berkala bertujuan untuk mencapai ketahanan pangan, air, dan energi nasional. Kegiatan O&P ini berperan penting dan signifikan terhadap aset-aset terkait bidang SDA dalam mengoptimalisasikan sarana dan prasarana SDA. Kegiatan O&P dinilai perlu untuk diimplementasikan untuk seluruh daerah Irigasi & Rawa karena untuk mengatasi permasalahan yang sering terjadi dilapangan seperti rusak/ berkurangnya nilai fungsi/ umur aset bangunan SDA, ketersediaan air, dan ketahanan pangan masih dinilai belum optimal.

Peserta Pembinaan Tenaga O P Irigasi Permukaan

Kegiatan pembekalan ini diisi dengan pengenalan Sistem Manajemen Operasi & Pemeliharaan Irigasi (SMOPI) dan pengetahuan Tata Cara Pengisian Blanko O&P, serta Kunjungan lapangan ke daerah irigasi DI. Batanghari dan Bendung DI. Batanghari. Dari kunjungan lapangan ini para peserta d serta melakukan evaluasi terhadap kunjungan lapangan.

Setelah mengikuti pembinaan ini diharapkan para peserta baik petugas dan pengelola Jaringan Irigasi Permukaan mampu dan dapat melaksanakan Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi Permukaan secara baik sehingga tercapai kinerja irigasi permukaan yang optimal.