Kegiatan IVA Test dan Sadanis dalam Rangka ‘Bulan Peduli Kanker’

Jambi, 26 Oktober 2019 – Dalam rangka menyambut “Bulan Peduli Kanker” dan berdasarkan surat dari OASE-KK, no B-127/OASE-KK/IX2017, serta himbauan dari Dharma Wanita Persatuan Kementerian PUPR, maka Paguyuban Ibu-Ibu Dharma Wanita Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Jambi bersama Balai Pelaksanaan Jalan Nasional IV Jambi, Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (P2JK), Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jambi, dan SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Jambi menyelenggarakan Kegiatan IVA Tes dan Sadanis.

Kegiatan IVA Tes dan Sadanis dilakukan pada hari Sabtu (26/10) di Puskesmas Kebon Kopi Kota Jambi. Kegiatan IVA Tes dan Sadanis diketuai oleh dr. Hj. Imat Rahmatillah dengan dibantu oleh 5 (lima) orang tenaga medis yang berasal dari Puskesmas Kebon Kopi Kota Jambi. Jumlah peserta yang mengikuti tes adalah sebanyak 93 orang peserta, diantaranya 60 orang peserta IVA tes dan 33 orang peserta Sadanis.

Bulan Peduli Kanker 4

Kegiatan IVA Tes dan Sadanis merupakan salah satu kegiatan tahunan dan program rencana kerja Ibu Negara, Iriana Jokowi untuk mengurangi angka kematian wanita yang disebabkan oleh penyakit tersebut. Setiap tahunnya ada 490 ribu perempuan terkena kanker serviks dan sebanyak 80 persen penderita kanker serviks ada di negara berkembang, termasuk seperti Indonesia.

Kegiatan tahun ini dilaksanakan oleh para Ibu Ketua Paguyuban Dharma Wanita Kementerian PUPR Provinsi Jambi antara lain yaitu Ibu Linda Nurfajri (BWS Sum VI Jambi), Ibu Ita Mirzawati Asep (BPPW Provinsi Jambi), Ibu Norma Bosar Pasaribu (BPJN IV), Ibu Ifah Supratman (BP2JK ) dan Ibu Lenni Tambat (Satker PnP).

Bulan Peduli Kanker 1

Rangkaian acara terdiri dari Pembukaan dan Sambutan dari perwakilan Dharma Wanita Persatuan Kementerian PUPR Provinsi Jambi yaitu Ibu Linda Nurfajri yang juga selaku Ketua Paguyuban Ibu-ibu dan Karyawati Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Jambi, dilanjutkan dengan Sosialisasi mengenai Kanker Serviks dan Kanker Payudara dan IVA Tes dan Sadanis. Penjelasan tentang Kanker Serviks dan Kanker Payudara, disampaikan langsung oleh dr. Hj. Imat Rahmatillah selaku penanggung jawab medis dan beliau juga adalah dokter pelaksana kegiatan Pemeriksaan IVA Test dan SADANIS.

Dalam penjelasannya, beliau menyatakan bahwa Kanker Payudara pada perempuan di Indonesia sebagaimana data yang diperoleh dari RS Dharmais (2010) mengungkapkan bahwa peringkat pertama dari 10 penyakit kanker terbesar adalah kanker payudara dan hampir 85% datang di stadium lanjut.

Pemeriksaan secara dini diharapkan bisa mendeteksi penyakit ini menjangkiti organ terpenting wanita. Cara sederhana adalah melalui IVA TEST atau Inspeksi Visual dengan Asam Asetat yaitu melihat serviks untuk mendeteksi abnormalitas setelah pemakaian asam asetat.

Dokumentasi